Apa itu Bisnis Online?

Apa itu Bisnis Online?

Pengertian Bisnis Online - Era globalisasi pada saat ini memberikan dampak positif salah satunya dalam dunia bisnis, dengan kemajuan teknologi ini khusunya orang yang suka berbisnis terus berusaha memaksimalkan fasilitas dan teknologi yang ada. Bisnis yang akan saya utarakan disini ada 2 yaitu bisnis offline atau yang sering disebut bisnis konvensional dan yang satunya adalah bisnis online. Dalam hal tujuan kedua bisnis tersebut tidak ada perbedaan, semua sama-sama merupakan suatu kegiatan ekonomi untuk mencari keuntungan

1. Bisnis Konvensional (Offline)

Bisnis konvensional sangat banyak dilingkungan sekitar kita, dimana pelaku bisnis konvensional ini saling bertemu dan saling berinteraksi. Namun perlu diketahui dalam bisnis ini sangatlah terbatas dan apabila berhenti maka pendapatan juga akan berhenti. Kekurangan lain dalam bisnis ini membutuhkan dana yang sangat besar karena membutuhkan toko atau tempat untuk membuka lapak dan pelaku bisnis juga harus pintar memilih lokasi yang strategis. Bahkan ada juga yang membutuhkan karyawan untuk membantu melaksanakan bisnis tersebut sehingga berimbas pada keuangan Anda untuk gaji karyawan. Pemilik atau karyawan harus tetap berjaga di tempat kerja apabila ditinggalkan tentu saja hal ini akan terjadi penurunan omset. Jangkauan konsumen juga sangat terbatas oleh jarak dan waktu lebih lagi jika kondisi fisik tidak memungkinkan seperti macet, hujan dan lain-lain.

2. Bisnis Online

Bisnis Oline adalah bisnis yang dilakukan secara online atau bisnis yang mengandalkan jaringan internet. Bisnis online memiliki lebih banyak keunggulan dari pada bisnis konvensional. Dalam bisnis onlinekita harus memiliki kepribadian yang baik, karena dalam hal ini para pelaku tidak saling bertemu. Dengan kepribadian yanng baik diharapkan akan terjalin suatu kepercayaan antar pihak yang bersangkutan. Kelebihan Bisnis Online diantaranya:

  1. Modal yang dikeluarkan kecil jadi resiko yang akan terjadi juga kecil biasanya modal pokok yang diperlukan hanya sewa domain dan hosting untuk membuat web bisnis.
  2. Anda tidak harus punya toko dalam bentuk fisik
  3. Bebas tidak perlu membutuhkan tenaga karyawan, semua dapat dilakukan sendiri.
  4. Bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah dan dapat dilakukan dimana saja asal tetap terhubung dengan Internet.
  5. Untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda tawarkan tidak ada batasan waktu dan tempat semua bisa dilakukan dirumah.
  6. Bisnis bisa berjalan 24jam tanpa tutup karena sebagian dapat dilakukan secara otomatis misalnya menjadi publisher iklan di google Adsense dll.

Kesimpulan

Bisnis konvensional juga memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan bisnis online begitu juga sebaliknya. Apabila Anda memiliki bisnis konvensional maka Anda dapat mengembangkannya ke bisnis online untuk menjalankan kegiatan ekonomi mencari keuntungan. Dan yang paling penting adalah terus mengembangkan kreatifitas dan ide-ide yang keluar. Jika punya ide yang harus dilakukan adalah segera mempraktekkannya. Kesuksesan ditentukan dari diri kita tindakan/usaha dan berdo'a kepada Yang Maha Kuasa agar diberi kemudahan.




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Yoga Pvrnama, Published at 09.38 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar